Keterampilan mengelola kelas menjadi hal yang penting untuk dimiliki oleh seorang guru

Keterampilan Mengelola Kelas
Keterampilan mengelola kelas menjadi hal yang penting untuk dimiliki oleh seorang guru, hal tersebut agar suasana belajar mengajar dapat menunjang efektifitas pencapaian tujuan pembelajaran. Dalam melaksanakan keterampilan mengelola kelas, guru perlu memperhatikan komponen keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimak dan keterampilan belajar yang bersifat prefentip dan represif. Simana prefentip sendiri merupakan kemampuan guru dalam mengambil inisiatif dan mengendalikan pelajaran, sedangkan represif adalah keterampilan yang berkaitan dengan respons guru terhadap gangguan peserta didik yang berkelanjutan dengan maksud agar guru dapat mengadakan tindakan remidial untuk mengembalikan kondisi belajar yang optimal.

Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan
Keterampilan mengajar dalam kelompok kecil di sekolah sering kali dilakukan karena kebutuhan scaffolding dan pendampingan belajar. Hal yang penting dalam pembelajaran kelompok kecil adalah guru harus dapat meningkatkan situs slot pulsa tanpa potongan kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian, karena dalam situasi pembelajaran kelompok dibutuhkan komunikasi dan hubungan yang akrab sehingga peserta didik merasa nyaman dalam belajar.

E-Guru.id menyelenggarakan diklat gratis bersertifikat 40JP pada tanggal 25 – 29 Juni 2022 tepatnya mulai pukul 13.30 WIB secara online.

Diklat nasional gratis dengan judul “Penguatan Ketrampilan Mengajar pada Guru dalam Rangka Menyambut Tahun Ajaran Baru” dilakasanakan secara online dengan menghadirkan narasumber hebat dan spesial, diantaranya adalah :

Achyar Ade, M.Pd. sebagai Fasilitator Pendidikan Inklusif P4TK TK PLB Kemdikbudristek RI dan sebagai Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak.
Shahnaz Haque sebagai Aktris dan Praktisi Parenting
Syaiful Muhlis, S.IP., M.Pd sebagai Penulis dan Instruktur e-Guru.id
Dr Nina Oktarina, S.Pd., M.Pd sebagai Dosen FE Universitas Negeri Semarang
Selain narasumber diatas, diklat nasional gratis ini akan menghadirkan Walikota Semarang sebagai Special Keynote Speaker.