Es Batu Viral Dijual Rp500 Ribu, Apa Istimewanya?

Es batu bukanlah suatu hal yang asing bagi banyak orang, tapi jika harga jualnya capai Rp500 ribu, itu sanggup jadi cerita berbeda. Itu merupakan produk Penny Pound Ice, perusahaan asal Amerika Serikat (AS).

Salah satu ulasan es batu mahal yang viral di TikTok singgah berasal dari account @lizziedushaj. Dalam video yang dibagikan Jumat, 26 April 2024, ia menyebut bahwa es batu itu biasanya dihidangkan bersama dengan minuman beralkohol. “Ini harusnya terbuat berasal dari air yang spesial,” kata dia di klip yang sudah mencatat hampir 10 juta penyayangan waktu artikel ini ditulis.

Setelah mengakses kemasan produk, ia mencoba merasakan es batu tersebut. Setelah beberapa waktu ia mengatakan, “Terasa layaknya air.” Ia kemudian “mencuci” es batu tersebut. Setelah direndam “air memiliki kwalitas rendah” di spaceman slot rumahnya, merujuk ucapan si pengunggah video, bongkahan es batu itu jadi muncul serupa bola kristal.

Ini indah banget,” ujarnya. Ia kemudian meninggalkan es batu tersebut, dan setelah 20 menit, itu “tetap muncul sangat baik,” kata dia. Ini merujuk terhadap bongkahan es yang belum sepenuhnya meleleh kendati sudah berada di suhu ruang.

Warganet menyebut bahwa produk es batu selanjutnya sanggup didapatkan tidak benar satunya di Erewhon, toko serba tersedia di area eksklusif Los Angeles. Menurut Gordon Bellaver, yang sudah jadi anggota berasal dari Penny Pound sejak 2014, “Itu (produk es batu) adalah kendala terbesar: mencoba menyebutkan (beda item tersebut, dan aku rasa, bersama dengan langkah tertentu, membenarkan perbedaan produk dan harga.”

Di Balik Es Mahal yang Viral


Dalam sebuah wawancara bersama dengan Eater, dikutip Rabu, 1 Mei 2024, Bellaver menjawab satu pertanyaan yang ditanyakan seluruh orang, “Mengapa es ini bernilai 32 dolar AS?” Perusahaan ini didirikan Eric Alperin dan Cedd Moses di dalam upaya menghadirkan produk yang lebih baik untuk bar dan restoran.

Pihaknya menyontek perusahaan es di New York City, yang menyontoh perusahaan es di Jepang, bersama dengan produk diakui sebagai bahan utama dan krusial. “Fokus Penny Pound terhadap dasarnya adalah memicu seluruh orang minum lebih baik bersama dengan gunakan produk yang lebih tahan lama, awet, dan lebih dingin di dalam minuman mereka,” sebut dia.

“Jika membeli (minuman alkohol mahal), tapi Anda memasukkan es generik biasa, itu dapat serupa saja,” sambungnya. “Itu tidak memberi service terhadap produk yang sudah menggunakan begitu banyak uang Anda.”

Diperlukan waktu tiga sampai lima hari untuk membekukan balok es seberat 136 kilogram, sebelum saat memotongnya bersama dengan tangan dan mendistribusikannya ke seluruh California Selatan. “Ini adalah sistem yang sangat memakan waktu, padat karya, dan berbahaya, tapi diakui remeh banyak orang atau tidak sangat dipikirkan,” ia mengklaim.

Mengapa Mahal Sekali?

Kepadatan memainkan faktor besar, menurut Bellaver. “Semakin tahan lama dan padat es batu Anda, yang terhitung terkait bersama dengan seberapa besar es batu itu, dapat secara langsung dan seimbang pengaruhi seberapa cepat es selanjutnya mengencerkan minuman,” bebernya.

“Ini didasarkan terhadap luas permukaan. Ada terhitung pertanyaan mengenai kejelasan dan ketidakmurnian. Alasan es di baki es Anda keruh adalah karena segala kotoran yang secara alami tersedia di dalam air keran, layaknya kalsium dan magnesium, terkunci di area waktu dibekukan, dan hal itu memicu munculnya kekeruhan. Ada terhitung rasa terhadap es di freezer Anda,” ia menjelaskan.

Es batu mereka diproduksi bersama dengan “pergolakan air yang konstan.” “Dengan melakukan itu, kotoran tidak punya peluang untuk mengendap,” klaimnya. “Secara efektif, apa yang dilakukan mesin ini adalah mendorong seluruh kotoran ke atas, di situlah letak seluruh kekeruhan.”

Soal harga produk “selangit,” ia berkomentar, “Saya tidak mengontrol harga (jual di) Erewhon.” “Saat kami produksi es batu, yang terhitung tersedia di Erewhon, setelah melewati gergaji pita, (campur tangan kami) selesai,” sebutnya.

Melalui Proses Tidak Biasa

Bellaver berkata, “Dengan es-es tersebut, kami memproduksinya bersama dengan tidak benar satu berasal dari dua langkah berikut: bersama dengan mesin bor atau cetakan, tapi bukan cetakan sesuai apa yang Anda pikirkan di di dalam freezer. Ada cetakan logam yang memampatkan es batu jadi bentuk yang diinginkan.”

“Untuk capai bola prima berukuran dua 1/2 inci (enam centimeter), kami biasanya perlu mengawali bersama dengan kubus berukuran kurang lebih tiga atau tiga 1/2 inci (sekitar delapan sampai sembilan centimeter). Bahan baku yang masuk ke di dalam produk sudah lebih banyak daripada setelah berbentuk,” ucapnya.

“Semakin banyak orang membicarakannya, meski di dalam arti negatif, jadi banyak orang yang mengetahuinya dan barangkali bersedia mencobanya,” kata Bellaver menanggaopi kontroversi harga es batunya. “Saya tetap dambakan mendemonstrasikannya terhadap orang-orang: membeli tas dan letakkan di samping minuman yang Anda minum, dan beri jelas saya.”

Jika es freezer standar Anda menjadi lebih enak dan tidak lebih cepat meleleh, baguslah. Tapi aku belum dulu melihat hal itu terjadi,” tandasnya.