20 Smartphone Radiasi Terendah, Apa Saja?

Jakarta – Kecuali telepon pintar dengan radiasi paling tinggi, terdapat pula daftar telepon pintar dengan radiasi paling rendah.

Deretan telepon pintar ini tercatat memiliki radiasi paling rendah menurut penghitungan nilai SAR, sama seperti yang dipakai untuk menghitung radiasi telepon pintar, dalam hal ini nilai radiasi tertinggi.

Mengutip Gizchina, Senin (22/4/2024), berikut ialah 20 telepon pintar radiasi terendah:

Penghitungan Tingkat Radiasi Smartphone

Sekedar berita, ada metrik khusus https://mundorubi.com/ untuk menilai tingkat radiasi telepon pintar kepada tubuh manusia, ialah melalui indeks Spesifik Perembesan Rate (SAR).

Indeks SAR menilai laju daya frekuensi radio (RF) yang diserap oleh jaringan tubuh. Nilainya dinyatakan dalam watt per kilogram (W/kg) dan mencerminkan rata-rata daya yang diserap per satuan massa tubuh dalam volume tertentu.

Badan regulasi di seluruh dunia, termasuk Uni Eropa, mempertimbangkan nilai SAR maksimum yang boleh diserap untuk mempertimbangkan keamanan pemakaian telepon pintar pandai.

Berdasarkan Gizchina, nilai SAR yang dilaporkan oleh produsen telepon pintar mewakili nilai tertinggi yang dinilai dalam uji standar. Tes ini melibatkan penempatan telepon pintar dalam jarak dekat dengan bahan yang mensimulasikan jaringan dan mentransmisikan dengan daya maksimum.

Sebagian penilaian diambil dari beragam posisi di sekitar telepon pintar, dan nilai tertinggi dipakai sebagai nilai SAR yang dilaporkan.

Sebagai figur, Uni Eropa mempertimbangkan nilai SAR maksimum yang diperkenankan terpisah untuk seluruh tubuh ialah 0,08 W/kg dan untuk komponen kepala 2 W/kg.