Cina dan Jepang Saling Tuding Soal Konfontrasi Dekat Pulau Sengketa

Cina dan Jepang saling tuduh Rtp Slot Pragmatic melakukan serangan setelah terjadi konfrontasi antara penjaga pantai mereka di perairan di sekitar pulau-pulau yang dipersengketakan di Laut Cina Timur.

Penjaga pantai Cina pada Minggu 10 Desember 2023 mengatakan bahwa kapal nelayan Jepang dan beberapa kapal patroli mereka menyusup ke wilayah perairan di sekitar pulau kecil yang oleh Cina disebut Diaoyu dan oleh Jepang disebut Senkaku.

Kepulauan tidak berpenghuni tersebut dikuasai oleh Jepang, tapi juga diklaim oleh Cina.

Penjaga pantai Cina dalam sebuah pernyataan menegaskan bahwa mereka telah mengambil langkah yang diperlukan sesuai dengan hukum untuk memperingatkan kapal patroli Jepang tersebut.

Sementara itu, penjaga pantai Jepang pada Sabtu mengatakan bahwa dua kapal patroli Cina meninggalkan perairan Jepang di dekat pulau tersebut setelah mendapatkan peringatan.

Menurut pihak Jepang, kapal patroli tersebut sedang melindungi kapal nelayan Jepang saat didekati oleh kapal patroli Cina. Insiden serupa juga terjadi pada November dan Oktober lalu.

Sengketa maritim di Asia yang raja zeus melibatkan Cina akhir-akhir ini cenderung meningkat.

Cina dan Filipina juga terlibat saling tuding setelah terjadi tabrakan antara kapal patroli mereka di perairan Laut Cina Selatan yang mereka klaim sebagai teritori mereka.