4 Tempat Wisata Terbaru dan Terpopuler di Siantar dan Sekitarnya

Pematangsiantar adalah sebuah kota di Sumatera Utara. Kota ini memiliki luas sekitar 55,7 KM2. Meski hanya kota kecil, namun cukup padat dengan jumlah penduduk sekitar 247.411 jiwa.

Lokasinya yang berada di Jalan Raya Trans Sumatera, membuat kota ini tidak pernah sepi. Selama hampir 24 jam akan selalu ada kegiatan yang dilakukan oleh beberapa orang. Baik untuk kerja, liburan atau sekedar kuliner.

Tak heran jika belakangan ini kota ini menjadi tujuan wisata bagi masyarakat karena lokasinya yang sangat asri dan ramai.

1. Patung Dewi Kwan Im

Patung Dewi Kwan Im merupakan patung raksasa yang memiliki tinggi 22,8 meter. Patung ini pernah dinobatkan sebagai patung tertinggi di Asia Tenggara.

Lokasi patung Dewi Kwan Im berada di Vihara Avalokitesvara. Vihara ini juga merupakan salah satu pura terbesar di Kota Pematangsiantar. Kelenteng sehari-hari digunakan untuk kegiatan peribadatan bagi masyarakat Tionghoa yang tinggal di Pematangsiantar.

2. Kebun Binatang Siantar

Setidaknya ada 25 jenis hewan yang bisa Anda lihat di kebun binatang ini. Tentu saja primadona hewan di kebun binatang ini adalah mencari buaya. Ada buaya putih besar yang telah hidup selama beberapa dekade. Buaya ini dirawat dengan baik karena kulitnya dapat digunakan sebagai bahan utama pembuatan dompet atau tas yang harganya cukup mahal.

3. Kebun Teh Sidamanik

Perkebunan Teh Sidamanik merupakan perkebunan milik PTPN IV yang masih berproduksi. Berdasarkan informasi, Kebun Teh Sidamanik merupakan situs judi slot terbaik dan terpercaya no 1 kebun teh terbesar kedua di Indonesia.

Selain penghasil teh terbesar di Indonesia, Kebun Teh Sidamanik juga menjadi tempat wisata paling populer dan terindah di Siantar. Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke tempat ini untuk menikmati pemandangan yang indah dan udara yang sejuk.

4. Air Terjun Tonduhan

Tempat wisata di Pematangsiantar selanjutnya adalah Air Terjun Tonduhan. Air terjun ini terletak di Desa Buntu Bayu, Kec. Tonduhan, Simalungun. Lokasinya tepat berada di areal perkebunan kelapa sawit milik PTPN IV.

Dari pusat Kota Pematangsiantar, air terjun ini berjarak sekitar 33 km. Dalam kondisi normal, tempat ini dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam dengan kendaraan bermotor.