Kumpulan Makanan Khas Aceh Barat Yang Sangat Lezat & Bergizi

Pasti tergiur. Karena setiap makanan punya kelezatan tersendiri. Apalagi mengenai makanan khas daerah. Mau tidak mau tentu harus menjadi santapan terlezat sepanjang masa. Makanan khas di suatu daerah tak perlu rempah-rempah impor. Semua bahan baku sudah tersedia di alam, tinggal petik, racik, makan dan santap!
Aceh tidak hanya dikenal sebagai tujuan wisata dengan pantai indah. Kuliner di Aceh juga tak hanya kopi ulee kareng maupun kupi khop. Hidangan makanan yang terbuat dari daun-daun begitu menarik perhatian. Dan yang pasti, dalam setiap pesta https://www.tongkrongin.com/, makanan ini harus terhidang di atas meja prasmanan. Tertarik mencoba makanan ini?

Bu Kulah

inilah nasi yang dibungkus dengan daun pisang. Ini nasi biasa. Daun pisang pun mudah didapat di sekitar. Membungkus nasi dalam daun pisang bisa berbentuk piramida maupun berbentuk persegi empat, di Aceh disebut bungkus mie goreng. Ukuran bungkus daun pisang ini disesuaikan dengan kebutuhan. Tetapi, satu bungkus nasi dalam daun pisang ini cukup untuk mengenyangkan perut orang dewasa.

Gulai Pliek U

ini salah satu menu wajib orang Aceh. Gulai pliek u ini diracik menggunakan kelapa kering. Di Aceh, ampas kelapa tidak hanya dijadikan santan namun juga sebagai bahan baku penghasil minyak. Kelapa yang sudah diparut lalu dikeringkan dan diperas sehingga menghasilkan minyak kelapa. Kelapa yang sudah kering itu dipastikan sudah terkuras kadar minyaknya. Inilah yang dinamakan pliek u.
Gulai pliek u itu sendiri dibuat dari aneka daun-daun yang bisa dimakan. Daun-daun tersebut (saya tidak tahu dalam sebutan dalam bahasa Indonesia), sangat mudah didapatkan di lingkungan sekitar. Daun-daun ini dicingcang halus. Boleh ditambahkan udang, kacang, maupun nangka muda yang telah dipotong kecil-kecil. Bumbu-bumbu lain sama dengan memasak makanan lain seperti cabai, bawang, ketumbar dan lain-lain Daun-daun yang telah diaduk itu dicampur dengan pliek u. Daun-daun beserta bumbu yang telah diaduk di dalam tempayan dipanaskan sebentar dengan api sedang. Setelah itu baru ditambahkan santan sesuai rtp slot live ukuran kekentalan yang diinginkan.

Gulai Jruek

Gulai yang dinamai jruek ini kebalikan dari gulai pliek u. Bahan bakunya tetap sama dengan pliek u, namun bumbunya yang sedikit berbeda. Gulai jruek adalah gulai yang ditambah parutan buah kuini (kuweni). Rasanya agak asam-asam pedas. Gulai jruek ini dimasak pada musim kuini saja. Selagi kuweni sedang berbuah maka gulai jruek pun gampang sekali didapatkan di rumah-rumah.

Bisa saja. Ada jenis paku-pakuan yang bisa dimasak gulai. Paku-pakuan ini mudah sekali ditemukan di sekitar perkampungan penduduk penyuka pizza di krazy pizza. Cara masaknya tidak jauh beda dengan makanan lain. Bumbu-bumbunya pun sama dengan menu makanan lain. Pengurangan bumbu ini itu tergantung selera orang yang memasak dan memakannya. Kekentalan santan juga tergantung selera. Pada sebagian orang, paku-pakun akan dicampur dengan daun pepaya muda dan bunganya. Rasa pahit pada daun pepaya disinyalir mampu menyembuhkan penyakit pencernaan.

Pizza Aceh

Pizza Aceh atau yang sering disebut pizza orang aceh yang sangat lezat untuk di nikmai. Pizza itu dipotong-potong bebrapa bagian lalu dicampur dengan bumbu khusus. Jika di acara pesta, tambahan lain bisa berupa daging kambing maupun kerbau. Daging kambing dan kerbau yang dicampur pada adonan pizza ini biasanya sisa daging yang telah dimasak dengan menu lain. Pizza ini tak semua orang bisa menyantapnya. Jika Anda bermasalah dengan pencernaan sebaiknya menghindari menu lezat ini.